sholikul Hardy Girinatakusumadihardja

sholihul Hardi gurunatakusuma_ tukang pijat alternatif dan spiritual hubungi 082325958964...

Selengkapnya
 T IK

T IK

Mulai diperkenalkan

Menurut Ina, di jurusan apa pun di perguruan tinggi seharusnya mulai diperkenalkan pentingnya mengolah big data . Misalnya, dalam bidang perikanan, di masa kini big data dibutuhkan supaya dapat membuat prediksi. Demikian juga dalam bidang keuangan, kesehatan, pendidikan, dan masih banyak lagi. ”Kompetensi mengolah big data ini multidisipliner yang merupakan kombinasi keahlian matematika, statistika, komputer, dan keahlian tertentu,” ujar Ina.
Analis Indonesia Labor Institute, Rekson Silaban, menyarankan, arah kebijakan pendidikan dan pelatihan di Indonesia perlu berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini bertujuan menghadapi tren pemanfaatan TIK untuk aktivitas bisnis.
”Keunggulan di pasar ditentukan oleh proses produksi yang efisien dan terus mengutamakan inovasi. Pertama-tama, pekerja atau buruh harus mempunyai akses TIK. Saat ini, belum semua angkatan kerja memiliki akses TIK yang setara,” ujar Rekson.
Salah satu langkah yang dapat dilakukan pemerintah adalah mengubah kurikulum pendidikan kejuruan. Sekolah kejuruan dan perguruan tinggi teknik juga perlu diperbanyak.
Terkait kebutuhan tenaga kerja dengan syarat memiliki kemampuan teknologi tinggi, menurut Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan Sugiarto Sumas, hanya 10 persen dari sekitar 118 juta total angkatan kerja Indonesia berlatar belakang lulusan perguruan tinggi. Jumlah ini sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan.
Guna mengatasi kesenjangan itu, pemerintah membuat pendekatan, meningkatkan jumlah lulusan perguruan tinggi, dan menyusun kurikulum yang mengikuti permintaan industri digital

PTK
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali